-->

Department Of HUMANIS FISIP UNHAS

Salam mahasiswa,...!!!

Kemarin sudah baca belum postingan tentang pengurus HUMANIS FISIP UH? Nah, postingan kali ini merupakan lanjutan dari tulisan yang kemarin. Mungkin pada tulisan sebelumnya hanya mencantumkan nama-nama pengurus HUMANIS FISIP UH periode 2013/2014, kali ini akan membahas tentang divisi-divisi atau Departemen yang ada dalam HUMANIS pada periode kepengurusan yang sekarang beserta program-program kerjanya. Penasaran kan??? Simak yukk !!!!Departemen-Departemen yang ada di HUMANIS FISIP UNHAS pada kepengurusan periode 2013/2014 adalah sebagai berikut:

1. Departemen DIKLAT & KADERISASI
Departemen Diklat dan Kaderisasi secara substansi merupakan pintu gerbang dalam mendesain arah dan tujuan kader-kader organisasi yang menjadi bagian paling fundamental terhadap jalannya roda-roda organisasi. Ya, bisa dibilang departemen ini merupakan departemen yang paling pertama mewadahi para mahasiswa baru (calon warga HUMANIS) saat memasuki dunia kampus sehingga nantinya mampu berproses di HUMANIS FISIP UH. Sehingga seluruh sumber daya yang ada dapat diberdayakan semaksimal mungkin, baik yang menyangkut potensi sumber daya manusia maupun potensi sumber daya lainnya. Oleh karena itu departemen ini perlu mengidentifikasi dan mengembangkan seluruh potensi-potensi yang ada dalam organisasi guna menciptakan insan-insan yang dialektis dalam berpikir, berucap, dan bertindak.
Berikut ini adalah beberapa program kerja dari Departemen DIKLAT & KADERISASI:
- pelaksanaan Loka Karya dan TOT (Training of Trainer)
- pelaksanaan P2MB tingkat jurusan
- pelaksanaan BIROKRASI (pengaderan tahap 1)
- pelaksanaan LKA (pengaderan tahap 2)
- pelaksanaan Kampoeng Humanis (pengaderan tahan 3)

2. Departemen KAJIAN
Departemen Kajian merupakan departemen yang bertanggung jawab dalam mewadahi warga humanis untuk mengembangkan potensi-potensi yang bersifat keilmuan (terkait ilmu administrasi). Departemen ini menjadi ujung tombak dalam menampung dan mengembangkan sikap kritis setiap warga humanis.
Adapun program-program kerja dari departemen Kajian adalah
- kajian buku
- kelas HUMANIS
- Suara Koridor
- Diklat Riset Administrasi

3. Departemen HUBUNGAN LUAR & ADVOKASI
Departemen ini bertanggung jawab dalam menjaga dan mempererat hubungan antar elemen-elemen terkait humanis baik itu hubungan internal maupun eksternal. Departemen ini menjadi jembatan bagi para mahasiswa administrasi dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam kampus terkait perkuliahannya serta menjadi penghubung antara humanis fisip UH dengan organisasi-organisasi lainnya.
Adapun program-program kerja dari departemen hubungan luar dan advokasi adalah
- pelaksanaan dialog akademik
- safari Ramadhan
- diskusi isu strategis
- advokasi insidentil

4. Departemen MINAT & BAKAT
Departemen minat dan bakat merupakan departemen yang mewadahi setiap warga HUMANIS FISIP UH dalam mengembankan bakat serta minat yang dimiliki. Departemen ini berorientasi pada kegiatan-kegiatan yang bersifat seni maupun olahraga. Sehingga para mahasiswa dapat mengeksplorasikan setiap kemampuan yang mereka miliki, bukan saja hal yang bersifat akademis (keilmuan) namun pengembangan diri yang mengacu pada keterampilan (softskill).
Program-program kerja yang dirumuskan oleh departemen ini adalah sebagai berikut:
- pelaksanaan Humanis Weekend
- pelaksanaan Humanis Camp
- Administration Fair (HUMANIORA)

5. Departemen INFORMASI, KOMUNIKASI & KESEKRETARIATAN
Departemen yang satu ini bisa dibilang departemen yang wajib "kepo". Berhubung departemen ini merupakan jarkom (jaringan komunikasi) bagi HUMANIS FISIP UH. Segala informasi terkait HUMANIS berpusat disini. Tak hanya itu departemen ini juga mengurusi hal-hal yang berbau kesekretariatan humanis fisip UH.
Berikut ini merupakan program kerja/tugas dari departemen ini adalah:
- pengadaan mading himpunan
- pengadaan Majalah Humanis
- pengadaan buletin
- menampung aspirasi warga (melalui kotak saran)
- pendataan warga humanis
- pengadaan PDH bagi pengurus
- pendataan barang-barang inventaris himpunan (buku bacaan, barang2 rumah tangga humanis, dll)