-->

Resume Kelas Administrasi "Sejarah, Peran dan Ruang Lingkup Administrasi"

AWAL MUNCULNYA ADMINISTRASI PUBLIK
Administrasi telah berkembang sejak zaman kuno dulu Seperti yang dikemukakan Edgar N. Gladen “the oldest profession in the world is not prostitution but administration” Karenaadanyakehidupanmanusia yang berkelompok,

SEJARAH PERKEMBANGAN ADMINISTRASI PUBLIK
Awal mula sistem administrasi negara diterapkan di negara-negara daratan Eropa, karena pada saat itu Negara Eropa merupakan Negara kerajaan. Selanjutnya Negara yang menggunakan system administrasi Negara yakni Negara perusia dan Austria, di Negara ini system administrasi negara yang digunakan sangat kental. Kemudian perancis saat itu juga menganut sistem administrasi seperti Eropa yang menggunakan system kamera lism pada abad ke-18.
Dalam Sistem camera lism inilah awal mulanya administrasi Negara mencapai efesiensi manajemen dalam pencapaian efesiensi manajemen tersebut administrasi negara dianggap membutuhkan tenaga dan sarjana ahli maka dibangunlah sekolah nasional dan professional di negara yang menggunakan sistem camera lism.
Setelah itu REVOLUSI PERANCIS (NAPOLEON) kemudian berpendapat bahwa perkembangan administrasi negara Beralih kepada Hak-hak Individu dan Kewajiban Negara. Dalam Sistem perekonomian Laissez-faire yang digunakan di Negara Eropa Barat, Timur, dan Negara Baru bekas Jajahan Eropa menganggap bahwa Negara mulai menjadi kebutuhan sehingga muncul ungkapan :“Negara adalah yang berkuasa, sentralisasi dan abadi. Adapun Birokrasi yang berorientasi pada legalistic haruslah mengabdikan kepada fungsi yang menjamin stabilitas untuk melindungi keinginan-keingginnya.”
ü  Perkembangan Pemikiran Administrasi terbagi menjadi 2 yaitu:
1.      Administrasi sebagai SENI (Fase Sejarah dan Revolusi Industri) dapat diliat pada masa:
a.       Mesopotamia dapat ditandai dengan Administrasi di bidang Pemerintahan, perdagangan, dan komunikasi angkutan.
b.      Babilonia dapat ditandai dengan Administrasi dibidang pemerintahan, perdagangan, pengangkutan, dan perhubungan
c.       MesirKuno Dapat ditandai dengan Piramida Mesir : Pengorganisasian, Kempemimpinan
d.      Cina Kuno dimasa ini sudah berkembangan bahwa Cina telah menyadari perlunya perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan
e.       Romawi Kuno ditandai dengan administrasi perhubungan dan administrasi perpajakan yang memang di butuhkan
f.       Gereja Katolik Roma
g.      Niccolo Marchiavelli
h.      Revolusi Industri Inggris

2.      Administrasi sebagai ILMU (Fase Revolusi Industri) dapat dilihat dari penjelasan para ahli yakni:
a.      F.W Taylor dan
b.      Henry Fayol
Peran Administrasi
·         Menurut GRAY (1989:15-16), PeranAdministrasiPublikAdalah :
a)      Administrasi Publik berperan menjamin pemerataan distribusi pendapatan Nasional kepada kelompok masyarakat miskin secara berkeadilan.
b)      Administrasi Publik melindungi hak-hak masyarakat atas pemilikan kekayaan, serta menjamin kebebasan bagi masyarakat untuk melaksanakan tanggung jawab atas diri mereka sendiri dalam bidang kesehatan, pendidikan, pelayanan bagi kelompok masyarakat lanjut usia.
c)      Administrasi Publik berperan melestarikan nilai-nilai tradisi masy. Yang sangat bervariasi dari generasi kegenerasi berikutnya.
·         KEBAN (2004:15) menerangkan bahwa peran Administrasi Publik dapat diamati pada Dinamika Peraturan dan perubahan jenis departemen, penempatan menteri dan semua jajaran dalam jabatannya, peraturan persyaratan jabatan, mekanisme pengangkatan/ pemberhentian Gubernur/ Walikota/ Bupati/ Camat/ Kepala Dinas dan Kepala Kantor pada tingkat lokal.
Peranan Administrasi Publik pada dasarnya adalah untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien, Oleh karena itu setiap kegiatan dalam Administrasi Publik diupayakan tercapainya tujuan sesuai dengan yang direncanakan dan mengandung rasio terbaik antara input dan output.

RUANG LINGKUP ADMINISTRASI PUBLIK/NEGARA
Menurut Nicholas Henry (1995) (dalamYeremiasKeban, 2004) memberikan ruanglingkup Yang dapat dilihat  dari topik-topikyang dibahas:
v  Organisasi Publik : Prinsip-prinsipnya berkenaan dengan model-model organisasi dan perilaku birokrasi.
v  Manajemen Publik : Berkenaan dengan sistem dan ilmu manajemen, evaluasi program dan produktivitas, anggaran publik dan manajemen sumber daya manusia.
v  Implementasi : Menyangkut pendekatan terhadap kebijakan publik dan implementasinya, privatisasi,  administrasi antar pemerintah dan birokrasi.
Kemudian James L. Perry dalam Buku ”Handbook Of Public administration” (editor 1989) menguraikan bahwa pokok-pokok bahasan administrasi public terkait :
1)      Tantangan-tantangan administrasi public dan bagaimana menyesuaikan diri,
2)      Sistem administrasi dan organisasi efektif,
3)      Administrasi public terkait dengan usaha memperkuat hubungan dengan badan legislatif,    badan-badan yang diangkat dan dipilih oleh rakyat,
4)      Bagaimana menyusun kebijakan dan program sukses,
5)      Administrasi perpajakan dan anggaran yang efektif,
6)      Manajemen sumber daya manusia,
7)      Bagaimana operasi pelayanan publik yang baik,

8)      Bagaimana praktek administrasi publik yang professional danetis (beretika).