-->

Resume Materi Kegiatan "WORKSHOP PKM"

PENGENALAN PKM (PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA)

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
      Merupakan program DP2M, ditjen DIKTI sebagai upaya meningkatkan mutu lulusan PT.
      Meningkatkan daya kreativitas mahasiswa.:Kreativitas adalah integrasi dari 3 faktor utama yg ada dalam diri manusia, yaitu: (1) Pikiran, yg di dalamnya  terdapat imajinasi, persepsi dan nalar, (2) Perasaan, yang terdiri dari emosi, estetika dan harmonisasi, (3)
      Keterampilan, mengandung hal berikut: bakat, faal tubuh dan pengalaman).
Guna mempercepat tercapainya tujuan pendidikan nasional sesuai dengan PP RI NO. 60 TAHUN 1999 TENTANG PENDIDIKAN TINGGI
      PKM merupakan salah satu program Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Litabmas), Ditjen Dikti untuk meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi.
Macam PKM
  PKM-Penelitian (PKM-P),
Program penelitian yang bertujuan :
(1) untuk mengidentifikasi faktor penentu mutu produk, menemukan hubungan sebab-akibat antara dua atau lebih faktor,
(2) mengujicobakan sebuah bentuk atau peralatan, merumuskan metode pembelajaran, melakukan inventarisasi sumber daya.
  PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M),
Program bantuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam upaya peningkatan kinerja, membangun keterampilan usaha, penataan dan perbaikan lingkungan,
Penguatan kelembagaan masyarakat, sosialisasi penggunaan obat secara rasional, pengenalan dan pemahaman aspek hukum adat,

  PKM-Kewirausahaan (PKM-K),
Program pengembangan ketrampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada profit.
Komoditas usaha yang dihasilkan dapat berupa barang atau jasa yang selanjutnya merupakan salah satu modal dasar mahasiswa berwirausaha dan memasuki pasar.
Pemeran utama berwirausaha dalam hal ini adalah mahasiswa, bukan masyarakat, ataupun mitra lainnya.
  PKM- Teknologi (PKM-T) 
program bantuan atau menerapan teknologi bagi industri berskalah mikro atau kecil (industri rumahan, pedagang kecil atau koperasi.) dan menengah yang menyangkut kepentingan masyarakat luas dan sesuai dengan kebutuhan calon mitra.
Program mendalam pemecahan masalah atau solusi atas persoalan prioritas mitra.
  PKM- Karsacipta (PKM- KC),
Program penciptaan yang didasari atas karsa dan nalar mahasiswa, bersifat konstruktif serta menghasilkan suatu sistem, desain, model/barang atau prototipe dan sejenisnya
  PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI)
Program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari suatu kegiatan mahasiswa dalam pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat,
Program tersebut telah dilakukannya sendiri (studi kasus, praktek lapang, KKN, PKM, magang, dan lain-lain).
  PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT).
Program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari ide atau gagasan kelompok mahasiswa.
Gagasan yang dituliskan mengacu kepada isu aktual yang dapat ditemukan di masyarakat dan memerlukan solusi hasil karya pikir yang cerdas dan realistik.
Persyaratan Penyusunan Proposal
  Peserta PKM adalah kelompok mahasiswa yang sedang aktif dan resmi terdaftar mengikuti  program pendidikan S1 atau Diploma.
  Mahasiswa pengusul dapat berasal dari berbagai program studi yang berbeda atau dari satu program studi yang sama, bergantung pada bidang kegiatan dan topik yang akan dilaksanakan, namun masih dalam satu perguruan tinggi yang sama.
  Keanggotaan mahasiswa dalam kelompok disarankan berasal dari minimal 2 (dua) angkatan yang berbeda agar proses re generasi pelaksana PKM dapat berlangsung dengan baik.
  Seorang mahasiswa hanya dibenarkan masuk dalam satu kelompok pengusul PKM 2 (dua) yang disetujui untuk didanai.
  Pembimbing maksimum 3 (tiga) judul/kelompok pelaksana PKM.
  Pengajuan usulan dilakukan perguruan tinggi secara online, menggunakan format standar yang ditetapkan Litabmas.  Hard copy disimpan di PT masing-masing.
  Pernyataan Pembiayaan (dengan meterai yang berlaku) dari instansi yang menyediakan dana tersebut.
Khusus usulan PKM-M wajib menyertakan SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN BEKERJASAMA (dengan meterai yang berlaku) dari pihak mitra yang disebutkan
Syarat administratif (Selected)
Peserta PKM adalah kelompok mahasiswa yang sedang aktif mengikuti program pendidikan S1 atau Diploma. Setiap kelompok terdiri dari 3 – 5 Mahasiswa, berasal dari program studi yang berbeda atau dari satu program studi yang sama, bergantung pada bidang kegiatan dan topik yang akan dilaksanakan, namun masih dalam satu perguruan tinggi yang sama. Keanggotaan mahasiswa dalam kelompok harus berasal dari minimal 2 (dua) angkatan yang berbeda.
Seorang mahasiswa hanya dibenarkan masuk dalam satu kelompok pengusul PKM yang disetujui untuk didanai. Hal ini didasarkan pada kewajaran alokasi waktu bagi pelaksanaan kegiatan PKM dan kegiatan belajar mahasiswa. Di samping memberi kesempatan sebanyak mungkin mahasiswa yang terlibat.
Setiap kelompok harus memiliki dosen pembimbing/pendamping. Seorang dosen pembimbing/pendamping hanya diperkenankan diusulkan sebagai pembimbing maksimum 3 (tiga) judul/kelompok pelaksana PKM.
Setiap usulan yang mencantumkan dana pendamping harus menyertakan Surat Pernyataan Pembiayaan (dengan meterai yang berlaku) dari instansi yang menyediakan dana pendamping tersebut.
Setiap usulan PKM-T dan PKM-M wajib menyertakan Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama (dengan meterai yang berlaku) dari pihak mitra yang disebutkan.


Resume materi Workshop PKM  (Metode penelitian)
Oleh Dr. Suryadi Lambali, MA

Dalam memulai sebuah tulisan harus mengetahui masalah yang terjadi, kemudian memberikan solusi atas maslah tersebut. Jadi ide dimulai dari adanya masalah yang dapat, masalah tersebut bisa dari lingkungan masyarakat atau fenomena disekitar kita, dengan mengetahui masalah yang terjadi pada ujungnya nanti akan menuju jalan keluar atas masalah tersebut.




Solusi dari masalah seharusnya bisa diwujudkan dalam bentuk Teori Kebijakan, Norma-norma, dan Nilai-nilai. Dalam kebijakan itu dapat berupa: perda, kepda dan kesepakatan. Dalam membuat sebuah proposal harus memenuhi unsur 5w+1h. seperti 



Ketika ingin menemukan Ide yang menarik, kreatif dan inovatif maka kita perlu berpikir diluar konteks. Menemukan ide-ide gila dalam memulai menulis juga sangat dipengaruhi oleh otak kiri seseorang sejauh mana bisa menemukan ide yang menarik.


WORKSHOP PKM 5 BIDANG
HUMANIS FISIP UH
PKM (Program Kreativitas Mahasiswa)
Adalah tempat menyalurkan ide-ide kreatif mahasiswa. Dimana melalui PKM ini, ide-ide dari mahasiswa yang mungkin dianggap mustahil TERJADI, bakal jadi KENYATAAN
It’s like a dream comes true !!!

LANGKAH MENUJU PIMNAS
1.proposal pkm
2.Monev
3.Pimnas

"How To Make A Great Proposal"
1.      Harus punya NIAT Yang benar-benar NIAT
2.      HARUS NYAMAN DAN PERCAYA SAMA TIM
3.      HARUS YAKIN SAMA IDE
4.      HARUS SESUAI DENGAN PANDUAN PKM
5.      HARUS MENGATUR WAKTU DAN BERBAGI TUGAS
6.      HARUS BERANI CAPEK
7.      HARUS PUNYA MENTAL DAN JIWA JUARA
Proposal disetujui dan merealisasikan proposal
MONEV (MONITORING DAN EVALUASI)
Monev dilaksanakan di tiap Universitas untuk memantau hasil dari perealisasian proposal PKM, dan sebagai tahap penjurian untuk lolos ke PIMNAS
Lelah yang terbayarkan !!! Welcome PIMNAS
Keuntungan ikut PIMNAS
1.      Dpata pengetahuan
2.      Dapat teman
3.      Dekat sama rektorat
4.      Dapat jalan-jalan
5.      Target utama:DAPAT EMAS