-->

Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan melalui LKA 2017

Bertempat di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar, Latihan Kepemimpinan Administrasi (LKA) ke XXIII terselenggara, Minggu (19/11). Mengangkat tema “Pemimpin Kritis di Era Kritis”, kegiatan tersebut diikuti sekitar 68 peserta mahasiswa dari angkatan 2017. Kegiatan ini merupakan program kerja dari Departemen Kaderisasi Himpunan Ilmu Administrasi (Humanis) Fisip Unhas. Selain itu, merupakan tahap kedua dari tiga tahap pengkaderan di Humanis.

Dilaksanakan setiap tahun, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 17 – 19 November. Adapun materi terdiri dari Metode Persidangan, Keilmuan Administrasi, Kepemimpinan, Manajemen Konflik, Manajemen Organisasi, Problem Solving and Decision Making, Lobi dan Negosiasi serta Komunikasi Efektif. Masing-masing materi dibawakan oleh anggota Dewan Penasehat Organisasi, Muhammad Faudzan S Sos, Dr Tang Abdullah M Si, Firdayanti Ashari S Sos, Asad K S H Pagli S Sos, Ryza Mediansyah S Sos, dan Budi Armansyah S Sos.

Firdayanti Ashari menjelaskan bahwa manajemen konflik adalah langkah yang diambil oleh para pelaku atau pihak ketiga. Hal tersebut dalam rangka menyelesaikan perselisihan ke arah suatu hasil tertentu yang mungkin bersifat positif. Selain itu, konflik lanjut Firda dapat terjadi karena perbedaan akspektasi realita atau perbedaan persepsi mengenai suatu hal.

Pada sesi akhir, dilakukan focuss group discussion untuk mereview materi yang telah diberikan. Dengan membentuk tujuh kelompok, peserta melakukan diskusi dan mempresentasikan hasilnya dengan instruktur Muhammad Irham. Sesi ini merupakan bentuk aplikasi dari materi yang telah diberikan sebelumnya.


Muhammad Irham selaku panitia steering berharap agar LKA mampu melahirkan pribadi-pribadi yang kritis, peka terhadap lingkungan sosialnya serta mengembangkan jiwa kepemimpinan bagi mahasiswa baru Ilmu Administrasi angkatan 2017. Selain itu, lanjut Irham, melalui LKA 2017 ini karakter dan minat berlembaga dari mahasiswa baru dapat tumbuh melalui ruang-ruang diskusi.

Pada sesi penutupan LKA, Dr. Muh, Tang Abdullah, M. Si mengatakan bahwa mahasiswa harus keluar dari zona nyaman. Dan melalui LKA ini, ia mengaharapkan dapat menambah jiwa solidaritas dan kepekaan sosial mahasiswa khusunya Leader angkatan 2017.

Bagi Leader, nama angkatan mahasiswa jurusan ilmu administrasi tahun 2017, proses ini merupakan tahap dua dalam perekrutan anggota Humanis Fisip Unhas. Selanjutnya, Tang Abdullah berharap, “Adik-adik leader dapat berproses ke tahap berikutnya,” ucapnya, Minggu, (19/11).