-->

Resensi Analisis Kebijakan Publik - Edi Suharto, Ph.D.

Oleh: Syahrul Sirajuddin
Identitas Buku :
Judul Buku : Analisis Kebijakan Publik (panduan praktis mengkaji dan kebijakan sosial)
Penulis Buku : Edi Suharto, Ph.D.
Penerbit Buku : ALFABETA
Kota Terbit : Bandung
Tahun Terbit : 2015
ISBN : 979-8433-29-4
Tebal Buku : 200 halaman

Ringkasan
Kebijakan sosial merupakan bagian dari kebijakan publik (public policy). Kebijakan publik meliputi semua kebijakan yang berasal dari pemerintah, seperti kebijakan ekonomi, transportasi, pertahanan keamanan (militer), serta fasilitas-fasilitas umum lainnya (misalnya air bersih dan listrik). Kebijakan sosial merupakan satu tipe kebijakan publik yang diarahkan untuk mencapai tujuan-tujuan sosial (Magill, 1986).

Sebagian besar buku atau artikel mengenai analisis kebijakan publik biasanya hanya mengupas konsepsi dan strategi melakukan telaah kebijakan. Pembaca umumnya memperoleh pengetahuan mengenai bagaimana caranya mengupas sebuah kebijakan. Sangat jarang ditemukan karya yang selain menyediakan kerangak konseptual, juga sekaligus mengupas mengenai produk yang dihasilkan dari proses analisis itu. Meskipun sangat ringkas, buku ini mencoba mengisi relung yang masih kosong dalam diskursus analisa kebijakan publik ini. Ia menyajikan konsepsi, konteks dan sekaligus framework pengkajian kebijakan sosial sebagai salah satu cabang kebijakan publik.

Di dalam buku ini menjelaskan tiga bagian, yaitu pertama menjelaskan berbagai wacana- wacana pembngunan sosial dan kebijakan sosial. Dimana kedua wacana tersebut mengantarkan pada negara kesejahteraan karena dari hasil kedua tersebut menghasilkan kesejahteraan sosial sehingga negara kesejehteraan dapat terapai. Yang kedua menjelaskan mengenai teori-teori kebijakan sosial atau public. Dimana bagian ini lebih menjurus ke teori karena untuk melangkah ke intinya, di perlukan namanya teori sebagai landasan untuk menganalisis. Yang bagian ketiga menjelaskan proses dalam menganalisis sebuah kebijakan dan bagaimana mengawal(avdokasi) hasil dari proses tersebut. Selain dari itu, di buku ini juga menjelaskan berbagai tantangan bagi kebijakan yang sudah di analisis atau hasil dari menganalisis sebuah kebijakan. Masalah-masalah di masyarakat harus di selesaikan oleh negara. Caranya? Dengan memperbaiki kebijakan yang di turunkan. Jadi buku ini lebih mengarah ke kerangka konseptual daripada teori.

Kelebihan

Secara umum buku ini sangat baik untuk memperkaya literatur mengenai analisis kebijakan publik yang cenderung kurang populer di masyarakatsecara lebih menyeluruh dan sampai pada inti pemahaman dan tidak terbatas pada definisi yang "terlalu" to the point. bagi para pelaksana di lapangan atau para calon analis kebijakan publik buku ini memberikan contoh policy paper yang bisa dirujuk dan sangat mudah dipahami untuk dilaksanakan secara teknis.

Kekurangan
menurut saya, untuk keperluan penulisan karya tulis ilmiah buku ini tidak memberikan paparan teoritis yang mendalam.

Biografi Penulis
Edi Suharto di lahirkan di jatiwangi pada tanggal 6 november 1965. Setelah menyelesaikan Pendidikan S1 di STKS bandung pada tahun 1990, penulis mendapatkan beasiswa dari pemerintah Austria untuk melanjutkan S2 di Asian Institute of Technology (AIT), Bangkok dan memperoleh gelar M.Sc. tahun 1994. Penulis juga merupakan Wakil Ketua I Bidang Akademik Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung.

Kesimpulan
Buku ini merupakan buku panduan untuk para penganalisis kebijakan publik. Buku ini memberikan sebuah pengetahuan dalam menganalisis kebijakan publik, baik secara teori maupun praktis. Masalah-masalah sosial dapat kita kaji menggunakan buku ini karena buku ini lebih mengarah pada kerangka konseptual sehingg mudah untuk di pahami bagi para pelaksana analisis.