-->

ADMINISTRASI PUBLIK MAKASSAR : Paradigma dan Model Birokrasi

Oleh : Izzatul Mubarakah J
Pelayanan publik yang saya ambil yaitu pembayaran pajak kendaraan. Pembayaran pajak kendaraan yang dilakukan di SAMSAT keliling Makassar. Alamat SAMSAT keliling di Makassar di pinggiran Lapangan Emmy Saelan yang beralamat di jalan Hertasning (depan PLN), perempatan Jl. Toddopuli dan Tamalate. Pelayanan untuk pembayaran pajak kendaran dibutuhkan kelengkapan fotocoy KTP, STNK dan BPKB, maka pembayaran normal di tambah dengan biaya administrasi sekitar 10 ribu, jika tidak membawa kelengkapan maka pembayaran selisih 20 ribu dari harga normal di tambah biaya administrasi. Dan proses pelayanan memerlukan waktu sekitar 10 – 15 menit. Dengan adanya SAMSAT keliling mempermudah proses pembayara pajak kendaraan karena tidak perlu jauh-jauh ke kantornya.

Dalam kasus di atas pelayanan public masuk di The Old Public Administration (OPA), di mana konsep OPA ialah titik perhatian pemerintah adalah pada jasa pelayanan yang di berikan langsung oleh dan melalui istansi-instansi pemerintah yang berwenang, nilai-nilai dari administrasi public adalah efisiensi dan rasionalitas sertaasministrasi public dujalankan sangat efisien dan sangat tertutup karena itu warga Negara keterlibatannya amat terbatas. Focus utama OPA menurut Denhart dan Denhart ialah fikus utamanya adalah peyediakan pelayanan public melalui organisasi atau badan public.

Model birokrasI yang diterapkan di Makassar adalah model birokrasi klasik karena sIstem pelayanan yang digunakan pada SAMSAT keliling Makassar terlalu kaku, seperti masih meminta kelengkapan surat-surat (fotocopy KTP, STNK dan BPKB). Karena pelayanan seperti ini masih menggunakan model lama, dengan berkembangnya teknologi seharusnya pelayanan yang di gunakan secara praktis.