-->

Resensi Buku Kepemimpinan Dalam Manajemen - Miftah Thoha

IDENTITAS BUKUJudul Buku : Kepemimpinan Dalam Manajemen
Pengarang Buku : Miftah Thoha
Penerbit Buku : Rajawali Pers
Tahun Terbit : 2013
Tebal Buku :136 Halaman

RESENSI BUKU
Buku Kepemimpinan Dalam Manajemen adalah salah satu buku yang dibuat oleh Miftah Thoha secara simple dan jelas. Buku ini berisi mengenai kaitan antara kepemimpinan dan manajemen, karna seringkali kepemimpinan dan manajemen disamakan pengertiannya oleh banyak orang, padahal di dalamnya terdapat perbedaan yang paling penting untuk dipahami. Dalam halaman depan buku sebelum halaman pengantar penulis menuliskan 1 halaman penuh yang bertuliskan “Untuk Mengenang Kepemimpinan Kedua Orang Tuaku H.M Thoha”, itu artinya buku ini didedikasikan untuk orang tua penulis. Untuk para pembaca yang ingin belajar atau mengetahui kepemimpinan hakikat yang sesungguhnya jika dikaitkan dengan manajemen sangat disarankan membaca buku ini. Menurut Miftah Thoha, kepemimpinan tidak harus dibatasi oleh aturan-aturan atau tatakrama birokrasi. Kepemimpinan bisa terjadi dimana saja asalkan orang tersebut menunjukkan kemampuannya mempengaruhi orang lain ke arah tercapainya suatu tujuan tertentu. Berbeda dengan manajemen merupakan kepemimpinan yang dibatasi oleh tata krama birokrasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Di zaman globalisasi saat ini informasi apapun dapat kita akses melalui internet, namun di dalam buku ini dijelaskan secara komprehensif ditambah bagian khusus untuk mengetahui gaya kepemimpinan.

Dalam buku ini terdapat pengetahuan mengenai penemuan-penemuan klasik tentang kepemimpinan, bias dibayangkan bukan hanya teknologi saja yang memiliki penemuan besar. Akan tetapi ilmu mengenai kepemimpinan juga memiliki penemuan-penemuan yang cukup membuat orang awam tidak tahu sebelumnya. Dengan berbagai macam teori-teori kepemimpinan yang dikemukakan para ahli para pembaca menjadi mengerti mengenai makna kepemimpian itu sendiri berserta gaya kepemimpinan yang nantinya akan pembaca pahami pula dalam buku ini.

KEUNGGULAN BUKUSatu hal yang menarik dari buku ini ialah tak hanaya memaparkan tentang bagaimana hakikat kepemimpinan yang akan dipilih dari seorang pemimpin berdasarkan gaya-gaya kepemimpinan yang tersirat dalam buku ini akan tetapi bicara mengenai kepemimpinan pasti berbicara mengenai kekuasaan. Buku ini memaparkan secara gamblang pengaruh kepemimpinan terhadap kekuasaan. Dua hal yang tidak bisa terpisahkan dan sangat penting bagi kemajuan sebuah negara berkembang ke arah yang lebih baik. Namun, tak hanya itu buku ini juga memaparkan strategi pemecahan konflik dalam organisasi. Sangat menarik untuk dibacaagar pengetahuan dapat bertambah.

KELEMAHAN BUKUDi dalam buku ini terkadang kita harus memiliki bekal kosa kata Bahasa Indonesia Baku yang banyak jika ingin memahami isi buku secara eksplisit sebab, banyak terdapat kata kata yang menggunakan istilah teknis sehingga sulit dipahami para pembaca. Itu adalah hal yang wajar ketika kita ingin belajar harus ada tantangan tersendiri untuk bisa mendapatkan ilmu tersebut. Dalam buku ini juga para pembaca daiajak untuk ikut dalam keadaan yang sebenarnya, tujuannya tak lain ialah agar para pembaca lebih faham dan langsung dapat mengaplikasikannya di kehidupan nyata.