-->

Resensi Buku Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi

Oleh: Zurmiati Gemu
IDENTITAS BUKU
Judul : Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi
Penulis Buku : Prof. Dr. Badeni, M.A
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Bahasa : Indonesia
Jumlah Halaman : (viii+244) halaman, berat: 330 gr, panjang: 24 cm, lebar: 16 cm
Tahun Penerbitan : 2014
Pembuat Resensi : Zurmiati Gemu

RESENSI BUKU
Buku “Kepemimpinan & Perilaku Organisasi” ditulis oleh Prof. Dr. Badeni, M.A. buku ini berisi materi yang membahas bagaimana pemimpin mengarahkan dan mempengaruhi perilaku tertentu yang dikehendaki oleh proses pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengarahkan dan memengaruhi perilaku, sangat diperlukan pemahaman yang yang baik mengenai mengapa dan bagaimana seseorang berperilaku dalam organisasi.

Tujuan utama penyusunan buku ini adalah untuk memberikan bahan dasar pengetahuan mahasiswa program magister manajemen, para pemerhati dan pengembang ilmu manajemen dalam memeahami bagaimana mengarahkan dan memengaruhi perilaku manusia dalam organisasi dengan baik.

Buku ini membahas secara teoritis sejumlah aspek yang mempengaruhi perilaku yang dikelompokkan pada tiga aspek, yaitu aspek individu, aspek kelompok, dan aspek organisasi. Pemahaman mengenai hal itu dapat membantu pemimpin dalam mengambil tindakan dan berperilaku baik terhadap inidividu lain maupun organisasinya.

Selain itu, buku ini menjelaskan pula mengenai dasar-dasar kepemimpinan secara rinci yaitu dari hal yang mendasar mengenai kepemimpinan hingga manajemen konflik dalam organisasi.

Kelemahan dari buku ini dibandingkan buku kepemimpinan lainnya ialah terdapat penulisan kata yang salah, penanda sub materi kurang teratur, serta terdapat beberapa penjelasan yang berlebihan pada beberapa materi.

Hal yang menonjol dalam buku ini adalah memfokuskan pada bagaimana pemimpin dapat mengambil keputusan dengan mengetahui perilaku individu atau karyawan dalam organisasinya. Penjelasan dalam buku ini menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dipahami pembaca. Terdapat juga kalimat penjelasan berbahasa asing serta terjemahannya. Materi dipaparkan dengan runtut dan juga disertai tabel yang membuat pembaca lebih dapat memahami, memperjelas, dan membandingkan suatu konsep atau teori dengan konsep lainnya.

Buku ini memiliki 13 bab, yaitu:
  1. Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi
  2. Karakteristik Individu
  3. Nilai, Sikap, Dan Kepuasan Kerja
  4. Persepsi Dan Pengambilan Keputusan 
  5. Stres Kerja
  6. Motivasi 
  7. Perilaku Kelompok Dan Pengembangan Tim
  8. Kepemimpinan
  9. Teori Dan Model-Model Kepemimpinan
  10. Kekuasaan Dan Kepemimpinan
  11. Konflik Dan Hubungan Antar Kelompok Dalam Organisasi
  12. Pilihan Struktur Organisasi
  13. Budaya Organisasi 
Bab 1 penulis menjelaskan mengenai pengantar pembahasan dalam buku ini yaitu pembentukan organisasi dan pemimpin serta dampak pengaruh perilaku pemimpin terhadap perilaku bawahannya, elemen-elemen yang menjadi kunci dalam perilaku organisasi serta keterkaitan antara kepemimpinan, pekerjaan manajer serta disiplin-disiplin ilmu yang menyumbang bidang perilaku organisasi.

Dalam Bab 6 penulis membahas mengenai hakekat motivasi dan teori-teori tentang motivasi. Teori yang dipaparkan diklasifikasikan menjadi dua, yaitu motivasi sebagai dorongan internal dan motivasi sebagai dorongan eksternal.

Bab 8 diterangkan mengenai keterkaitan kepemimpinan dan manajemen serta perbedaannya. Dibahas juga mengenai fungsi, efektivitas, prinsip-prinsip, lingkungan dan situasi dalam kepemimpinan.

Bab 9 diuraikan mengenai teori dan model-model dalam kepemimpinan yang didasarkan pada pendekatan pemimpin, pengikut, dan situasional. Dalam bab ini penulis memaparkan bahwa untuk memahami konsep kepemimpinan secara komprehensif perlu melihat gejala kepemimpinan yang mencakup pemimpin dengan atribut psikologinya, pengikut dan sikapnya, serta situasi kelompok.

Bab 10 penulis memaparkan mengenai sumber kekuasaan pemimpin dan cara mempertahankan sumber kekuasaannya. Dalam bab ini dibahas mengenai hubungan antara tingkat kesiapan bawahan, gaya kepemimpinan, dan sumber kekuasaan. Selain itu, penulis memaparkan mengenai klasifikasi hubungan jenis organisasi dan sumber kekuasaan.

Bab 11 penulis membahas mengenai persyaratan utama yang diperlukan untuk mampu mengelola konflik. Syarat utama tersebut adalah kemampuan memahami aspek-aspek yang berkaitan dengan berbagai sebab munculnya konflik serta strategi mengelola konflik. Dalam bab ini dibahas pula mengenai klasifikasi konflik dan penyelesaiannya.

Dalam Bab 12 dipaparkan mengenai asumsi dan nilai yang dipegang sebuah organisasi dalam menghadapi masalah-masalah dalam organisasi, yaitu budaya organisasi. Dalam bab ini penulis membahas mengenai dampak positif dan negatif dari budaya yang terdapat dalam organisasi.

Adapun penulis buku ini ialah Prof. Dr. Badeni, M.A yang lahir pada tanggal 3 Juni 1957 di Jawa Tengah. Beliau merupakan seorang akademisi yang telah menulis beberapa buku yaitu Pengantar Ilmu Pembelajaran, Coperative Learning dalam Konteks Pembelajaran IPS Sekolah Dasar, dan Bahan Ajar Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, menunjukkan beliau layak dalam menulis buku mengenai kepemimpinan dan perilaku organisasi. buku ini berhasil memadukan dua topik besar, yaitu kepemimpinan dan perilaku organisasi. 

Buku ini ditulis oleh seorang akademisi yang telah mengajar selama 8 tahun, dalam waktu itu pula beliau telah menjadi peneliti dan fasilitator pelatihan peningkatan mutu serta pemakalah seminar bidang pendidikan IPS baik nasional dan internasional, wawasan beliau didapatkan dari pengalaman tersebut dituangkan dalam buku ini. Sehingga buku ini menawarkan kepada pembaca mahasiswa di segala tingkat, pengembang ilmu pengetahuan, dan para pemimpin mengenai perilaku organisasi dan kunci efektivitas kepemimpinan dalam organisasi.