-->

Resensi Buku Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya

Oleh: Tri Amriani Amanda
IDENTITAS BUKU
· Judul Buku : Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya
· Pengarang Buku : Dr.Miftah Thoha
· Penerbit Buku : Pt.Rajagrafindo Persada, Jakarta
· Tahun Terbit : - Cetakan Ke-23, April 2014
- Cetakan Ke-24, Juni 2015
· Tebal Buku : 373 Halaman
· No.Edisi Buku : Isbn 979-421-015-3

RESENSI BUKU
Buku “Perilaku Organisasi” ini adalah salah satu alternatif acuan bagi para pembaca, terkhusus kepada mahasiswa dalam memahami ilmu-ilmu perilaku, psikologi sosial individu, dan teori organisasi yang dikemas secara detail dan sederhana. Tata bahasa yang mudah dipahami, masing-masing bab dilengkapi dengan persoalan-persoalan dan diakhiri oleh ringkasan bab, yang akan merangsang minat baca untuk memperdalam ilmu organisasi hidup kembali.

Buku ini terdiri atas 6 bab. Bab pertama, sebagai awal memperkenalkan ilmu perilaku organisasi. Bersifat pengantar, di dalamnya membahas latar belakang sejarah perkembangan ilmu pengetahuan tersebut. Bab kedua, membahas perilaku individu dalam organisasi. Diuraikan melalui prinsip-prinsip dasar yang merupakan salah satu cara memahami sifat manusia, timbulnya perilaku individu juga disebabkan oleh interaksi lingkungan. Bab ketiga, menerangkan perilaku kelompok dalam organisasi. Adanya urgensi kebutuhan manusia yang membuatnya tidak akan pernah bisa hidup sendiri. Dijelaskan pula teori-teori pembentukan kelompok, bentuk-bentuk kelompok, teori organisasi, dasar-dasar daya tarik seseorang, model daya tarik seseorang, serta perilaku panitia dalam organisasi, semuanya diuraikan secara rinci.

Bab keempat mengemukakan tentang persepsi dan komunikasi. Kedua istilah ini sangat terkait satu sama lain. Keduanya merupakan “loro-loroning atunggal” dalam menciptakan pengertian bersama di antara orang-orang yang bekerja dalam suatu organisasi.

Bab kelima, membahas tentang motivasi dalam organisasi. Di mana motivasi merupakan salah satu unsur penggerak hasrat individu dalam bekerja, hal ini penting bagi organisasi dalam mencapai suatu tujuan.

Bab keenam atau bab yang terakhir ini membahas mengenai kepemimpinan, juga kekuasaan. Dijelaskan secara rinci juga perbedaan kepemimpinan dan manajemen, serta peran masing-masing.

Perilaku organisasi, tak hanya membahas secara kontekstual mengenai perilaku setiap individu dalam sebuah organisasi semata. Namun, juga penjabaran yang lebih luas dari organisasi. Sebab kehidupan setiap manusia beriringan dengan kehidupan lingkungan di sekitarnya, juga interaksi yang timbul sebagai feedback dari keduanya. Hal ini merupakan energi positif terhadap individu, sebab tingkah laku adalah hal yang tidak biasa dan jarang dianggap penting untuk dipelajari menurut masyarakat pada umumnya.

Buku ini mengajarkan kepada para pembaca agar sadar perannya sebagai mahluk sosial dan individu. Posisi tersebut sebagai “warning” agar manusia pandai dalam mengolah ego-nya, serta bersikap tak sewenang-wenang. Oleh karena itu, buku ini hadir memberikan banyak ilmu, serta tips bahwa organisasi, tak hanya sebuah organisasi yang kita anggap selama ini. Organisasi dalam kehidupan setiap individu, juga termasuk keluarga, teman, rekan kerja, serta masyarakat luas. Adapun perilaku organisasi adalah semua tingkah laku individu yang terkait dengan kehidupannya, cara berfikir, mengambil keputusan, kepekaan sosial, dan sebagainya merupakan latar belakang timbulnya ilmu perilaku organisasi.

Selain isinya yang edukatif, buku ini ditunjang oleh desain cover yang menarik dan sederhana. Desain cover maupun isi buku yang mudah dipahami menjadikan pembaca nyaman pada saat membaca buku ini. Namun isi buku ini hanya memperkuat aspek psikologi individu saja. Terlebih buku ini dilengkapi oleh sejarah perkembangan masyarakat tradisional hingga masyarakat modern saat ini, dan teori para ahli sebagai data akurat dalam menilai aspek perilaku individu terhadap kelompok. Buku ini cocok dibaca oleh mahasiswa, tak hanya mahasiswa dengan background ilmu administrasi atau psikologi saja. Namun dapat dibaca oleh semua mahasiswa dengan background ilmu yang lain, serta guru maupun dosen, dan juga semua kalangan. Sebab buku ini menyangkut semua individu dan semua kalangan. Harga buku ini terjangkau dan sesuai dengan kualitas tampilan dan isi bukunya.