-->

Resensi Buku Teori Organisasi (Struktur, Desain, dan Aplikasi)

Oleh: Nurul Azizah
IDENTITAS BUKU
Judul Buku : TEORI ORGANISASI (Struktur, Desain, dan Aplikasi)
Pengarang Buku : Stephen P. Robbins
Penerbit Buku : Penerbit ARCAN
Kota terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 1994
Cetakan : 3
Penerjemah : Jusuf Udaya, Lic., Ec.
Tebal Buku : 551
ISBN : 979-431-232-0

RINGKASAN BUKU
Teori Organisasi (TO) adalah salah satu sub disiplin yang paling menarik dan relevan dalam ilmu-ilmu administrasi. Misalnya, didalam buku ini, anda akan menemukan jawaban terhadap pertanyaan: Apakah organisasi besar lebih atau kurang efisien dibandingkan yang kecil? Bagaimana pegawai tingkat rendah mendapatkan kekuasaan dan mengelakkan atasannya? Bagaimanakah bentuk organisasi masa depan? Apakah manajer dapat mengubah budaya organisasinya jika budaya tersebut sudah tidak lagi cocok dengan misi dan tujuan organisasi? Apakah perbedaan manajemen pada organisasi yang tengah menciut jika dibandingkan dengan manajemen pada organisasi yang tengah berkembang?

Buku Teori Organisasi ini adalah salah satu buku yang dikemas untuk memberikan pengetahuan yang lebih luas tentang teori organisasi. Dalam buku ini berisi mengenai pentingnya teori organisasi yang akan sangat berguna untuk menghadapi lingkungan masyarakat serta pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari untuk menjalin hubungan antara rekan dalam organisasi. Seperti yang di ketahui manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan akan selalu membutuhkan manusia lainnya, oleh karena penerapan ilmu mengenai teori organisasi harus di terapkan dengan baik sehingga hubungan dan komunikasi antara rekan kerja atau atasan dapat terjalin dengan baik.

Buku ini dibuat untuk menjadi pedoman bagi individu untuk mengenal lingkungan organisasi tempat ia bergabung agar dapat diterima dengan baik dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan tersebut serta tidak merasa kaku dengan hal-hal yang akan dihadapi dalam organisasi.

Buku teori organisasi ini berisi tentang gambaran organisasi dan pentingnya mempelajari teori organisasi serta kaitannya dengan kehidupan sosial yang ada dalam masyarakat selain hal tersebut perkembangan teknologi juga sangat membantu organisasi untuk mendapatkan informasi serta memudahkan pekerjaan sehingga membuat seseorang bekerja secara efektif dan efisien. Karena arus informasi semakin mudah terakses dan berkembang sedemikian cepatnya, membuat kita harus belajar dengan cepat

Buku teori organisasi ini adalah salah satu subdisiplin yang paling menarik dan relevan dalm ilmu administrasi. Buku Teori Organisasi ini berisi tentang gambaran umum organisasi, pentingnya mempelajari teori organisasi, evolusi teori organisasi, strategi dalam pengembangan organisasi, pengaruh teknologi, lingkungan organisasi, pandangan yang lebih mendalam mengenai birokrasi, cara mengelolah perubahan organisasi, serta mengelolah konflik organisasi. Buku ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada pembaca atau mahasiswa arti pentingnya mempelajari Teori Organisasi hal ini berguna untuk memahami fenomena yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, selain itu dapat pula digunakan oleh pemimpin dalm proses pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan organisasi.

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN BUKU
Kelebihan buku ini adalah cara penyampaiannya yang baik dengan menggunakan gambaran yang mudah dipahami oleh pembaca. Serta isinya sangat jelas dan diperkuat dengan pendapat-pendapat serta pandangan dari para ahli.

Kekurangan buku ini adalah terdapat beberapa istilah yang kurang penjelasannya yang pada akhirnya sulit untuk dimengerti.

BIOGRAFI PENULIS
Stephen P. Robbins adalah seorang professor Emeritus Manajemen di San DiegoState University dan merupakan penulis buku teks best seller di bidang manajemendan juga perilaku dalam organisasi. Buku-bukunya dipakai dilebih dari 1000 kampusdan universitas di AS, telah diterjemahkan ke 19 bahasa, dan memiliki edisi-edisiadaptasi untuk Canada, Australia, Afrika Selatan, dan India.Dr Robbins juga adalah penulis buku best selling The Truth About Managing People,2nded. (Finansial Time/Prentince Hall, 2008) dan Decide & Conquer (FinansialTime/Prentince Hall, 2004).

KESIMPULAN
Organisasi adalah unsur yang penting dalam masyarakat yang terdiri dari berbagai aspek didalamnya maka dari itu seseorang harus memiliki strategi untuk menghadapi konflik apa saja yang kemungkinan akan dihadapi dalam menjalankan organisasi. Bagi seorang pemimpin sangat penting dalam mengenali organisasi dan orang-orang yang terlibat didalamnya hal ini berguna untuk proses pengambilan keputusan bagi organisasi. Ini menunjukkan bahwa teori organisasi tidak hanya berguna bagi mahasiswa saja tapi para pemimpin dari organisasi juga harus membaca dan memahami mengenai teori organisasi dan buku ini memiliki ringkasan tulisan yang sangat lengkap dan menarik untuk dibaca untuk mewujudkan tujuan dari pembentukan organisasi yang telah disepakati sebelumnya.