-->

ADMINISTRASI PUBLIK : Benturan Konsep dan Realitas

Oleh : Masyita Marsuki

Administrasi publik pada tataran konseptual adalah merupakan penyelenggaraan urusan dan kepentingan publik (Caiden ,1982) dan birokrasi pemerintahan pada intinya memiliki fungsi melaksanakan palayanan publik kepada masyarakat. Berdasarkan dua pendapat tersebut, bisa kita simpulkan bahwa dewasa ini, administrasi publik merupakan hal yang sangat penting, khususnya dalam tubuh birokrasi pemerintahan yang memiliki peran dan fungsi utama untuk pelayanan publik. Namun, sejauh ini masih banyak kinerja dan pelayanan yang dihasilkan oleh birokrasi pemerintah tidak berjalan sesuai harapan masyarakat sehingga menimbulkan banyak persoalan.

Pada buku ini yang berjudul Administrasi Publik untuk pelayanan Publik ini, dijelaskan bahwa proses dalam administrasi dalam tubuh organisasi penyelenggara layanan publik sangat memprihatinkan. Saat ini, terjadi banalitas korupsi (korupsi menjadi biasa sehingga tidak menumbuhkan rasa salah lagi) yang disebabkan oleh penyalahgunaan wewenang, kurangnya etika dan integritas publik. Ditambah lagi sikap inovatif dan kreatif penyelenggara layanan publik yang berada pada kondisi krisis.

Buku ini mengkaji tentang konsep dan praktik administrasi dalam penyusunan SOP, standar pelayanan, etika pelayanan, dan inovasi untuk kinerja organisasi. Inti dari buku ini adalah administrasi publik dalam kapasitasnya untuk menyediakan sebuah pelayanan publik yang layak merujuk pada SOP (Standar Operasional Prosedur) dan standar (tolok ukur dalam penyelenggaraan dan penilaian )pelayanan. Buku ini memberikan informasi umum sebagai acuan dalam penyusunan SOP dan standar pelayanan yang benar yang disertai dengan berbagai materi yang mendukung pemahaman terkait pelayanan publik.

Buku yang ditulis oleh Prof. Dr. Deddy Mulyadi dan timnya ini, menurut saya memiliki banyak keunggulan. Penulis membahas secara rinci setiap pokok bahasan dengan cara memunculkan gambaran umum yang disertai banyak teori pendukung dan isu-isu seputar materi terkait sehingga memudahkan pembaca dalam menganalisa alur dan hubungan setiap pokok bahasan yang dalam hal ini berfokus pada konsep administrasi publik terhadap pelayanan publik. Buku ini diharapkan mampu menjawab segala persoalan yang berkenaan dengan administrasi publik, khususnya keseimbangan antara ilmu dan praktik administrasi publik.